Selamat Datang ke Direktori Belanja Indonesia

Direktori Belanja Indonesia,

Sebuah tempat surga belanja anda, berisi informasi toko-toko dan produk yang resmi terdaftar dan telah diverifikasi di sistem direktori belanja kami, sehingga anda bisa berbelanja dengan lega dan nyaman.

Sebuah komunitas orang yang ingin belajar berbisnis, ingin menambah pengetahuan dan ilmu berbisnis, ingin berbagi ilmu dan pengalaman bisnis dan ingin menambah jaringan bisnis.

Sebuah tempat yang memiliki kantor operasional dan display produk member terdaftar kami di Tangerang Selatan

Anda bisa menemukan kami di

Instagram : direktoribelanja
Namanya jualan yah, tentunya kita pada ngarepin buyer. Pepatah "Pembeli adalah raja" sapa yg ga kenal. Tapi walo demikian, jangan sampai kita sebagai seller diinjek2 calon buyer apalagi yang py niat buruk.

Emang sih raja, tapi mbok ya jangan mpe kita disuru lompat dr gedung lantai 30 juga manut. Kita ini jualan juga ada tata krama dan aturannya yang harus dipatuhi buyer. Tapi klo ketemu buyer nakal, gimana nih ?

  • Pertama2, kita hrs bilang makasi dulu utk buyer yang pengertian banget. Mereka2 ini harus kita pertahankan dan memberikan pelayanan yang terbaik.
  • Buyer yang ga mao bayar DP. Nah ini kita hrs ingatkan dgn halus, kalo DP ini adalah tanda mengikat antara buyer dan seller. Kalo ada DP, buyer kan bisa komplen kalo barang yang dibook tiba2 dioperkan ato uda terjual tanpa seizinnya. Kirim sinyal halus tapi tegas, kalo tanpa DP jangan disalahkan kalo barang tsb tiba2 terjual. Beritahu dari awal2, jadi seandainya si buyer sulit ini masih berulah, kamu bisa mematahkan serangannya krn dr awal2 uda dikasi tau.
  • Buyer yang ngutang. Kecuali emang si buyer itu kamu kenal luar dalam, jangan pernah mengirim barang sebelum pembayaran lunas total. Atau siap2 kehilangan jejak buyer setelah itu. Tahan barangnya sampai dia melunasi atau kembalikan uangnya.
  • Buyer yang bawel. Layani saja sebaik mungkin. Ini adalah bagian dari proses penjualan dan ujian keprofesionalan kita. Tapi kalo uda menjurus ke kurang ajar, bilang aja kalo barang2mu uda terjual. Beres kan.
  • Simpan pm antara percakapan kamu dan buyer, ataupun ym or sms. Jika kelak terjadi sesuatu yang kurang mengenakkan, kamu memiliki bukti untuk menjawab semua keluhan dan tuduhan.
  • Bersikap ramah bukan berarti tidak memiliki prinsip. Bukan berarti kita harus menuruti segala kemauannya. Terkadang ada buyer yang sengaja menguji sampai di mana kita bisa dipermainkan. Sampai sejauh mana kita bisa diobok2. Jadi, dari awal kamu jualan, tulis dlm kertas, prinsip2 kamu yang sama sekali tidak bisa dilanggar oleh buyer. Seperti : sebelum lunas, tidak ada pengiriman barang. Atau tanpa DP, kamu tidak akan memasukkan namanya dalam daftar Pre Order. Apa bole buat, daripada kita tergiur janji2nya yg malah kelak membuat kita buntung, lbh baik tidak terjadi transaksi dgn buyer2 nakal ini.
  • Jangan tergiur dengan calon buyer yang tiba2 ingin membeli dlm jumlah yg di luar kewajaran. Kita manusia sangatlah normal, tentu aja kalo tiba2 ada yg pengen beli dlm jlh gede, pasti lgsg semangat 45. Hati2 guys, naluri ini sangat dipahami oleh yg py niat krg baik. Ntar dia akan memutarbalik kita sampai puyeng dan seakan2 terhipnotis mengikuti semua instruksi dia.
  • Langsung pasang alarm kalo ada segala sesuatu yg di luar kewajaran, termasuk poin di atas yaitu pembelian dlm jlh besar. Mgkn dia jujur, tapi ada baiknya kita berhati2. Krn ga jadi lbh baik drpd ketipu pula.
  • Pegang prinsip, transaksi terjadi atas kesepakatan antara buyer dan seller. Kalo buyer nyebelin, kamu memiliki hak untuk menolak bertransaksi dengan dia. Lha barangnya kan milik kamu, wahai seller. Duit modalnya kan kamu punya. Apa seh hak calon buyer maksa2 ini itu ? Kalo ga hepi, ga usah jualan lah.. susah amat. Kyahahaha.. kedengaran sombong ya.. tapi bukan lho.. namanya toko itu milik kita, kita py hak penuh mengontrol kinerja toko itu.
  • Ramah bukan berarti tidak memiliki harga diri. Terapkan ketegasanmu dr awal sejak bertransaksi. Walo kamu ramah, kamu masih bisa teteup tegas pada buyermu. Tolak dgn halus kalo permintaannya tidak mgkn dipenuhi. Ato tawarkan alternatif lain.
  • Pinter bermain kata2. Buyer sulit bukan berarti sulit dihandel. Kalo kamu pinter berkata2, mereka akan dgn patuh mendengarkan kata2mu. Setiap menjawab, pastikan kalo keinginanmu tertulis jelas, tapi tempatkan posisi kalo kamu sangat mementingkan buyer. Contoh : buyer sulit ngotot ingin barang A. Kamu oke tp tiba2 teringat rupanya kamu uda janji ama temenmu klo mo jualin barang A. Pdhl cuman tinggal satu. Mo ngasi sapa nih... Solusinya, kamu bisa memberitahu ke buyer sulit itu kalo barangnya ada tapi rusak. Jd kamu ga bisa jualin ke dia. Blg kalo kamu sgt memperhatikan customer kamu, dan lbh baik jujur tapi ga jadi menjualnya drpd kehilangan kepercayaan. Nah lho.. buyer kan jd percaya, padahal.. kyahahahaha....
Nah ini secuil tips menghadapi buyer sulit. Pssttt... point terakhir ini adalah pengalaman pribadi lhoooooo....

0 comments: